Kamis, 23 Februari 2012

SPESIAL: Tim Terbaik Piala Afrika 2012 Versi GOAL.com

Ini pilihan sebelas pemain terbaik versi GOAL.com dari pentas Piala Afrika 2012.

SELENGKAPNYA TENTANG :  Barcelona,BotswanaChelseaGabonGhanaMali,Pantai GadingSudanTunisiaZambia,Stophira SunzuJean Jacques GossoPierre-Emerick AubameyangBarry BoubacarSeydou KeitaNathan SinkalaJohn MensahDidier DrogbaAsamoah GyanChristopher Katongo,Kennedy MweeneYoussef Msakni
Zambia x Ghana : Celebrating (CAN 2012)
Zambia x Ghana : Celebrating (CAN 2012)

Tim Terbaik Piala Afrika 2012
KIPER

Kennedy MWEENE
Zambia
Bukanlah Boubacar Barry yang patut didaulat menjadi kiper terbaik dari turnamen Piala Afrika 2012. Rekor tak pernah kebobolan yang diukir kiper Pantai Gading di sepanjang waktu normal pada turnamen ini ternyata masih kalah mentereng pencapaiannya dibandingkan dengan performa kiper Zambia Kennedy Mweene.

Kiper berusia 42 tahun ini patut didaulat sebagai yang terbaik. Mweene telah menjadi pahlawan bagi keberhasilan Zambia merebut gelar pertama dari turnamen ini. Ia berhasil mengandaskan eksekusi penalti Didier Drogba saat laga final melawan Pantai Gading.

Alhasil karena skor tanpa ada gol, pertarungan harus dilanjutkan hingga adu tos-tosan. Pada drama adu penalti ini, Mweene kembali menepis sebuah penalti serta turut menjadi pencetak gol.

Aksi Mweene menghadang penalti lawan ini juga ia lakukan ketika tampil di semi-final melawan Ghana. Saat itu ia berhasil juga mementahkan penalti Asamoah Gyan. Jadi rasanya, tak ada salahnya untuk menempatkan kiper Zambia ini sebagai yang terbaik pada turnamen ini!
BEK

Jean-Jacques GOSSO
Pantai Gading

Kolo TOURE
Pantai Gading


John MENSAHGhana

Stoppila SUNZU
Zambia
Aksi Kolo Toure nyaris sempurna di sepanjang turnamen ini. Ia telah mengomandani lini pertahanan Pantai Gading serta tampil efektif untuk tidak tergoyahkan bersama dengan Souleymane Bamba. Tak berlebihan pula, jika bukan peran Kolo Zambia mungkin saja telah memenangkan final ini dalam waktu normal.

Sosok penting lainnya lagi untuk mengisi lini pertahanan ini adalah bek kanan Pantai GadingJean-Jacques Gosso. Ia telah mampu bertahan dengan bagus namun juga bertenaga dalam membantu serangan di depan.

Lalu ada lagi John Mensah yang telah berperan besar bersama Ghana. Kapten tim Ghana ini juga menyumbang dua gol penting dalam turnamen ini serta deengan ikhlas mengorbankan dirinya demi tim saat tampil di laga pembuka melawan Bostwana.

Sedangkan sosok terakhir yang patut dimasukkan sebagai bek terbaik ini adalah Stopilla Sunzu. Bek Zambia ini telah memperlihatkan kemampuannya dalam mengomandani lini pertahanan serta membaca setiap permainan dengan efektif. 
GELANDANG

Nathan SINKALA
Zambia

Seydou KEITAMali

Youssef MSAKNI
Tunisia
Untuk seorang pendatang baru di tim nasional, rasanya cukup pantas untuk menempatkanNathan Sinkala  ke dalam starting XI Zambia. Walau miskin pengalaman, namun kontribusi pemain berusia 20 tahun ini cukup besar bagi sukses skuad Peluru Tembaga ini merebut gelar pertamanya di Piala Afrika.

Pelatihnya Herve Renard menjadi orang pertama yang melihat potensi bakat Sinkala. Wajar pula jika ia direkomendasikan untuk segera merumput di klub Eropa.

Pemain lainnya yang juga menyedot perhatian di lapangan tengah adalah Youssef Msakni. Gelandang Tunisia ini juga tidak perlu diragukan untuk mendaulatnya sebagai salah satu pemain terbaik dari turnamen ini. Ia cukup piawai dalam memberikan peluang kepada rekan satu timnya serta tak lupa untuk berkontribusi dengan membuat dua gol yang menakjubkan.

Sementara salah satu gelandang terbaik yang patut dipilih adalah Seydou Keita. Pemain timnas Mali ini telah menjadi rujukan penting pada turnamen ini. Ia juga telah merekatkan skuad Mali, baik itu di luar maupun dalam lapangan dan ia pantas untuk mengantarkan negaranya meraih tempat ketiga dari turnamen ini.
STRIKER

Chris KATONGO
Zambia

Pierre AUBAMEYANG
Gabon

Didier DROGBA
Pantai Gading
Memilih antara Chris Katongo dan tandemnya Emmanuel Mayuka rasanya cukup sulit. Mengingatkan aksi keduanya memang cukup berperan besar bagi sukses Zambia. Tapi pilihan jatuh pada Katongo merujuk pada senioritas serta kerja kerasnya dalam mendapatkan bola. Ia bahkan nyaris mengantarkan kemenangan buat timnya di masa perpanjangan waktu jika saja kiper Barry tidak cekatan mengantisipasinya.

Penyerang lainnya yang dianggap menonjol dari turnamen ini adalah Pierre-Emerick Aubameyang dari Gabon. Ia telah menjadi salah satu sosok sentral bagi timnya. Ini terlihat dari tiga gol yang ia sumbangkan. Raihan itu sekaligus pula menempatkannya ke dalam deretan pencetak gol  terbanyak dari turnamen ini.

Sementara sosok yang tak bisa diabaikan untuk mengisi lini depan tim terbaik ini adalah Didier Drogba. Meski dua kali gagal mengeksekusi penalti pada turnamen ini namun peran kepemimpinannya di dalam timnas Pantai Gading masih sangat besar di sepanjang turnamen ini. Walau hasil tidak seperti yang diharapkannya namun pemain Chelsea ini telah menunjukkan kelasnya sebagai striker kelas dunia.



http://www.goal.com/id-ID/news/2279/editorial/2012/02/14/2904869/spesial-tim-terbaik-piala-afrika-2012-versi-goalcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar