Jumat, 10 Februari 2012

Blue Holes, Goa Bawah Air


Jika diangkasa kita mengenal Black Hole maka di bumi kita juga mempunyai lubang yang sangat besar yang berada di laut yaitu Blue Hole.
Dari gambar tersebut Blue Hole tampak seperti biji mata yang besar ditengah lautan luas. Bentuknya lingkaran, berwarna biru gelap yang dikelilingi oleh laut yang berwarna biru muda. Warna biru ini menunjukkan bahwa Blue Hole lebih dalam daripada laut disekelilingnya.
Sebenarnya Blue Hole merupakan gua yang berbentuk vertikal. Saat zaman es telah berakhir, gua tersebut berada di tempat  yang lebih rendah dari permukaan laut.
Blue Hole adalah tempat favorit bagi penyelam karena didalamnya terdapat pemandangan yang indah, disana para penyelam dapat melihat stalaktit-stalaktit gua, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan.
Tetapi, jika menyelam lebih dalam lagi maka kita tidak akan melihat pemandangan yang indah lagi karena semakin dalam kandungan oksigen semakin berkurang.
Didunia ada beberapa Blue Hole yang terkenal. Blue Hole yang terdalam adalah Dean’s Blue Hole, letaknya di kepulauan bahama, dalamnaya mencapai 202 meter dan diameter mencapai 35 meter.
Dean’s Blue Hole, Bahamas
Blue Hole terluas adalah Great Blue Hole yang mempunyai kedalaman 120 meter dan diameter 300 meter, terdapat di Belize.
Great Blue Hole, Belize
Ada juga Blue Hole di tepi laut merah yang dalamnya mencapai 120 meter dan mempunyai terowongan yang sepanjang 26 meter.
Terowongan ini dikenal dengan The Arc. Banyak penyelam yang ingin menjelajah terowongan bawah laut ini namun sangat sulit dan terjadi  banyak kecelakaan.
The Arch
Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar